Home > Video Viral

Viral Puan Bicara Islam Kemajuan dan Islam Nusantara

Puan Maharani mengaku sejak kecil dicekoki hal-hal berkaitan Islam Nusantara dan Berkemajuan.

Puan menilai prinsip Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan bukan merupakan sesuatu yang harus dipertentangkan. Justru kedua falsafah itu bisa dikombinasikan menjadi “Islam Nusantara yang Berkemajuan”.

Sementara dalam video itu, ada juga potongan pernyataan Said Aqil yang memuji almarhum Taufiq Kiemas sebagai sosok yang sabar dan mempersatukan. “Saya terkenang dengan Pak Taufiq Kiemas kepribadiannya sangat sabar, tangguh, mampu mempertemukan kelompok yang kadang berseberangan jauh,” kata Said Aqil.

Said Aqil lalu menyinggung soal kehadirannya di acara haul itu bersama-sama dengan Haedar Nashir. Ia menyebut kehadiran pimpinan PBNU dan Muhammadiyah di acara yang sama sangat jarang terjadi. “Di haulnya saja, saya dan ketum Muhammadiyah ketemu ya, Pak,” kata Said Aqil pada Haedar Nashir.

Jika kita merujuk pada gagasan-gagasan Soekarno, mungkinkah Puan dicekoki dengan ajaran Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan?.

Pemikiran Bung Karno soal Islam Berkemajuan juga dapat dilihat dari tulisan-tulisannya. Selama menjalani hukuman di Ende, Nusa Tenggara Timur, Bung Karno melakukan korespondensi dengan Ahmad Hassan, seorang ulama modernis Islam terkenal dan tokoh organisasi Persatuan Islam (Persis).

Surat menyurat antara keduanya berlangsung sejak 1 Desember 1934 hingga 17 Oktober 1936. Dalam salah satu suratnya Bung Karno menulis: “Islam is progress. Islam itu kemajuan.”

Berikut video Puan Maharani yang bicara soal Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan:

Baca Juga:

Kopi Takar, Kopi Khas Mandailing dan Sipirok

Kopi Papua, Kopi Eksotis Favorit Ratu Belanda

Tradisi Kuramasan Sambut Ramadhan Digelar di Kampung Adat Cianjur

Polisi tak Tahan Dea Onlyfans, Medsos jadi Ramai

Viral Tiga Bocah Naik Kasur Sampai di Tengah Laut

× Image