Home > Sejarah

Siapa Orang Pertama yang Minum Teh? Ini Jawabannya

Tidak pernah ada bukti jelas kapan dan siapa orang pertama yang menemukan dan meminum teh.
Petani memetik daun teh.
Petani memetik daun teh.

Teh menjadi minuman yang paling mudah ditemukan selain air putih. Teh selalu hadir di rumah-rumah, kantor hingga restoran bintang lima hingga kaki lima. Mungkin ada yang bertanya-tanya sejak kapan manusia mengenal minuman teh dan siapa yang orang yang pertama kali meminumnya?

Memang tidak pernah ada catatan yang resmi mengenai kapan teh mulai dikonsumsi oleh manusia. Satu-satunya yang dipercaya mengenai asal usul teh menjadi minuman mengacu pada seseorang bernama She Nong Shi. Siapa She Nong Shi sendiri masih simpang siur. Tetapi, banyak yang percaya bahwa ia adalah seorang tabib atau ahli pengobatan dari negeri China, dan bukan seorang kaisar.

Cerita mengatakan, sebagai seorang ahli pengobatan, She Nong Shi kerap mengumpulkan tumbuh-tumbuhan untuk dijadikan bahan obat-obatan. Bahkan, She Nong Shi mencoba sendiri khasiat dari tumbuh-tumbuhan yang ditemukannya untuk mengetahui apa efek bagi tubuh jika dikonsumsi.

Baca juga:

Kiamat Kopi Penyebab Indonesia tak Lagi Berjaya

Kisah Ibu Rumah Tangga Penemu Alat Penyaring Kopi Pertama di Dunia

V60 dan Cerita Hario Anti Mainstream

Suatu ketika sekitar tahun 2737 sebelum masehi, She Nong Shi mengalami keracunan karena mencoba salah satu tumbuhan yang baru ditemukannya. Suhu badannya naik, lidah serta tenggorokannya terasa sakit. Saat mencari obat untuk menyembuhkan keracunan itu, She Nong Shi menemukan sebuah tumbuhan dan dirinya langsung memakan daun dari pohon yang ditemukannya itu.

Daun itu mempunyai rasa pahit, sepat, namun mengeluarkan aroma harum saat dikunyah. Ajaibnya, daun itu mampu mengobati dirinya yang keracunan. She Nong Shi yang menganggap daun itu punya khasiat kemudian memetik beberapa helai. Dirinya pun menkonsumsi daun tersebut dengan cara yang berbeda.

Kali ini, She Nong Shi merebus daun tersebut. Saat direbus, daun itu mengubah warna air menjadi kuning kecoklatan dan mengeluarkan aroma harum. Air itu juga tersa manis saat diminum, dan berkhasiat menyegarkan pikiran dan menghilangkan kantuk.

Secangkir teh.
Secangkir teh.

Versi lain mengenai pertama kali ditemukan menyebutkan, saat itu She Nong Shi sedang memasak air, kemudian beberapa helai daun teh masuk ke dalam kuali yang digunakannya. Ternyata, rasa air rebusan menjadi sangat nikmat.

Cerita tentang She Nong Shi sebagai orang yang pertama menemukan teh ditulis oleh Lu Yu, sastrawan dari Dinasti Tang dalam bukunya berjudul "Cha Ching" atau "the Classic of Tea". Oh iya, nama teh saat itu belum dikenal. Penggunaan nama teh untuk minuman yang ditemukan She Nong Shi baru dikenal sekitar tahun 1115 sebelum masehi atau pada masa Dinasti Zhou. Nama teh yang kita kenal saat ini berasal dari serapan bahasa Inggris tea.

× Image